Kamis, 24 Februari 2011

Sistem operasi



Sistem operasi
1.      Sistem operasi (kadang disebut software platfrone) adalah perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenuhnya untuk mengendalikan sistem computer. Sistem operasi mengandung sejumlah program beberapa program tergolong sebagai ulititas.
2.      Utilitas adalah program yang dipakai secara langsung    oleh pemakai untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengendalian / pengelokasian sumber daya dalam sistem computer scandisk pada windows / pun tar pada Unix dan Linux merupakan contoh utilitas.
Device driver adalah program yang berfungsi untuk membantu computer menyendalikan pranti-pranti perihal sebagai contoh, jika anda perlu menginstal kompuer bawaan printer agar computer mengendalikan printer tersebut program seperti itulah yang disebut device driver.
3.      Graphical User Interface (GUI)

Graphical User Interface (GUI) merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. Selain GUI, ada juga model yang lain seperti Character User Interface (CUI) yang sering kita kenal dengan command line. Dari sisi kenyamanan (attitude), kedua model ini memiliki ‘penganut’nya masing-masing. Penganut CUI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUI dirasakan lebih nyaman dibandingkan dengan GUI, bahkan setelah GUI pada LINUX berkembang dengan pesat, mereka tetap bertahan untuk menggunakan CUI. Penganut GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows.
Evaluasi GUI dilihat dari prinsip user friendly maupun usability dapat dilakukan dengan melihat bagaimana perkembangan GUI dari masa ke masa. Kadang kita sangat sulit untuk mendapatkan informasi perkembangan GUI tersebut karena mungkin kita belum pernah menggunakannya. Tetapi hal ini sudah tidak menjadi masalah lagi karena di era Internet ini ada situs-situs yang telah menyediakan fungi sebagai ‘museum’ GUI, yaitu GUIdebook dan Graphical User Interface Gallery. Berdasarkan data-data dari situs-situs ini, misalnya screenshot, maka kita dapat melakukan evaluasi mengenai GUI tersebut. Gambar di bawah ini adalah contoh screenshot dari perkembangan sistem operasi Windows.


4.      DOS merupakan sistem operasi yang awalnya dipakai pada IBM PC (disebut PC-DOS) dan PC (personal computer) yang kompatibel dengan IMB PC (disebut MS-DOS). Versi DOS pertama dirilis tahun 1982 yang dikemas dalam sebuah disket.
Dos juga merupakan sistem operasi pertama Microsoft yang digunakan pada computer –komputer versi lama. Dos merupakan sistem operasi windows sekarang ini. Mungkin kini kita sudah jarang sekali mengunakan sistem operasi dos karena sistem operasi windows telah memiliki GUI yang sangat baik.
Walaupun dos merupakan sistem operasi ‘kuno’ namun dos sanagt penting untuk dipelajari. Dengan mempelajai dos maka kita akan dapat menyelamatkan sistem computer kita, terutama data-datanya jika suatu sistem operasi windows kita mengalami masalah berat.
  Cara untuk memulai dos berbeda-beda untuk masing- masing sistem operasi windows. Caranya adalah sebagai berikut.
ü  untuk windows 98/ME :klik start menu I MS-DOS prompt.
ü  *untuk windows 2000/XP : klik start menu I Accessoris I Command Prompt  .
ü  *atau untuk setiap windows : klik start menu I Run I ketikkan ‘cmd’ atau ‘command’ (tanpa tanda petik).
Setelah windows command prompt terbuka maka kita siap untuk mengetikkan perintah-perintah yang akan kita berikan pada dos.

Windows adalah salah satu sistem operasi andalan Microsoft yang banyak dipakai saat ini, karena mempunyai banyak fitur yang mampu memanjakan pemakainya. Dengan kata lain, semakin banyak kemudahan yang ditawarkannya. Perkembagan Windows dimulai dari  Windows 1.0 , Windows versi 3, Wimdows 95, Windows 97, Windows 98, Windows 2000, dan Windows XP (experience ), terakhir adalah Windows Longhom (Windows  Vista).
Pada bulan Februari tahun 2000, setelah Microsoft meluncurkan Windows 2000 versi beta (versi percobaan), akhirnya Microsoft Windows 2000 (final) diluncurkan dalam dua versi, yaitu Windows 2000 Profesional dan Windows 2000 server.
Pada tahun 2002 Windows XP pun diluncurkan, XP Home Edition dan profesional Edition. Kita akan mempelajari Windows secara umum, bukan spesifik untuk satu jenis tertentu saja. Pada dasarnya semua Sistem Operasi Windows itu intinya sama. Mulai Windows 2000 adalah Windows yang dibangun atas Teknologi NT (Network rechnology). Lebih tepatnya gabungan Windows 98 dengan Windows NT. Microsotf sudah memandang jauh ke depan bahwa teknologi masa mendatang adalah teknologi network  ( jaringan ), seperti LAN, WAN, dan lain-lain. Windows 2000 membuat hampir segala aktifitas computer menjadi lebih mudah, cepat, dan berintegrasi penuh dengan internet.


    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar